Kenali Sumber Berita Sepakbola Nasional Terpercaya

This slideshow requires JavaScript.

Jakarta - Kisruh sepakbola nasional tidak hanya melibatkan pihak-pihak yang bertikai, dalam hal ini antara PSSI dan KPSI. Namun, juga merembet ke massa akar rumput alias suporter.

Pada berbagai jaring media sosial maupun forum diskusi dunia maya, tidak jarang masing-masing kelompok suporter dengan ideologi gerakan yang pro-PSSI maupun pro-KPSI saling bersilang pendapat, bersilat lidah, dan melakukan debat kusir, bahkan saling melecehkan satu sama lain demi membela aktor-aktor utama yang memicu kisruh baik dari lingkungan PSSI maupun KPSI.

Tidak hanya suporter di tingkat akar rumput, media massa, utamanya laman media daring (online), tidak kalah sibuk menggiring opini publik pada suatu opini yang dibelanya. Tidak mengherankan apabila ditemukan perbedaan perspektif antara media satu dengan media lainnya terkait suatu persoalan, semua bergantung pada narasumber berita yang dimintai keterangan.

Hal itu diperparah oleh malasnya para jurnalis, khususnya terjadi pada media-media daring, yang kurang telaten menerapkan kode etik jurnalistik yang mengharuskan suatu berita mencakup liputan dari semua pihak yang saling bertikai (cover both side) agar berita yang dihasilkan menjadi berimbang. Hal yang paling sering terjadi, jurnalis hanya mencuplik dari salah satu pihak, dan tidak mengonfirmasi isi informasi tersebut kepada pihak lain yang berseberangan.

Contoh paling gres adalah mengenai tafsiran hasil Rapat Komite Bersama (KB) PSSI pada 20 September 2012 silam. Beberapa saat setelah rapat tersebut selesai, banyak media yang ternyata ikut melansir pelintiran-pelintiran hasil rapat tersebut secara masif dengan hanya menanyai sumber berita sepihak yang dipercayainya. Dalam kasus ini dapat dikatakan bahwa media massa telah ikut larut, bahkan menjadi pelestari kisruh sepakbola nasional itu sendiri.

Penyebab terbelahnya media massa nasional dalam kisruh sepakbola nasional rasanya cukup beralasan. Pertama, diindikasikan bahwa banyak jurnalis yang bekerja kepada pemilik media yang ternyata juga merupakan salah satu pihak yang terlibat dalam kisruh sepakbola nasional. Tidak ayal, produk berita yang dihasilkan selalu memihak.

Mungkin sedikit untuk menemukan jurnalis yang teguh hati memilih berseberangan dengan opini pemilik media, meskipun harus memendam perasaan tertekan. Kebanyakan jurnalis mengikuti saja arus opini selaur dengan yang dimiliki pemilik media, baik mendapat perintah langsung maupun secara tidak langusung. Singkatnya, itulah politik produksi keredaksian yang sulit dihindari. Setidaknya, semua berita yang dilaporkan masih berpijak pada fakta-fakta, meskipun tentu saja telah dipilah dan dipilih.

Memang masih ada media-media dengan pemilik yang netral menyikapi kisruh sepakbola nasional, namun justru jurnalisnya sendiri yang mempunyai kecenderungan untuk memihak kepada salah satu pihak yang bertikai. Dalam kasus ini merebak aroma tak sedap di mana diindikasi para jurnalis larut dalam orientasi “amplop” saat melakukan peliputan maupun pemberitaan.

Sulit memang menemukan media yang masih memegang teguh prinsip-prinsip jurnalistik dalam hal penyajian berita-berita sepakbola nasional secara berimbang. Jika mereka memberitakan program PSSI, maka akan dianggap sebagai corong PSSI, begitu pun sebaliknya.

Untunglah masih ada beberapa media yang barangkali masih dapat kita percayai sebagai sumber berita sepakbola nasional. Keteguhan prinsip yang mereka pegang semoga menjadi pelecut bagi kemajuan sepakbola di Indonesia yang tentu diinginkan oleh insan mana pun di bumi Indonesia ini tanpa terkecuali.

Banyak media yang sampai detik ini berjuang keras untuk keluar dari labirin kisruh sepakbola nasional dan masih menjadi yang terpercaya dalam pemberitaanya. Pembaca yang budiman dapat menemukan dari daftar media-media di bawah ini. Selamat menyimak.

1. Goal.com Indonesia

Profil:
Sindikasi media daring khusus sepak bola di Indonesia, bagian dari goal.com yang tersebar lebih dari 50 negara.
Twitter:
@GOAL_ID
Website:

http://www.goal.com/id-ID

Editor in Chief:
Bima Prameswara Said/ @bimasaid
Assistant Editors:
Donny Afroni Iskandar, Agung Harsya Wardhana/ @agungharsya, Mohammad Yanuar Firdaus/ @mohammadyanuar
Content Managers:
Gunawan Widyantara/ @gunauno, Happy Susanto/ @hpysusanto

2. Bolanews.com (Tabloid Bola)

Profil:
Bolanews.com hadir pertama kali pada 1997 sebagai versi web Tabloid Olahraga BOLA. Seiring berjalannya waktu, pada 2001 fungsi Bolanews.com diubah dengan menambahkan konten berita olahraga terkini selain versi web dari Tabloid Olahraga BOLA cetak. Tagline yang diusung saat itu adalah BOLA Sportsline – Timely Sports News.
Twitter:
@bolanewscom
Facebook:

http://www.facebook.com/pages/BOLANEWSCOM/234512189905742

Email:
redaksi@bolanews.com
Alamat:
Gedung Kompas Gramedia | Jl. Palmerah Barat No. 33 – 37, Lantai 4, Jakarta 10270, Indonesia. Telp : 62-21 536 77 835/ 536 77 836 | Fax : 62-21 530 3400.
Pemilik:
PT. Tunas Bola (Kompas Gramedia Grup)
Editor in Chief:
Ian Situmorang
Deputy Editor in Chief:
Arief Kurniawan
Sports Editor:
Andi Yanianto
Staff:
Suryo Wahono, Cesar Sardi, Lilianto Apriadi, Erwin Fitriansyah
News Feeder Sepakbola Nasional:
Frengky Aruan

3. Galeri Sepakbola Indonesia

Profil:
Program yang khusus menghadirkan seluk beluk dunia persepakbolaan Indonesia hadir dalam Galeri Sepakbola Indonesia (GSI) di TRANS7. GSI selalu diawali dengan update hasil pertandingan dari seluruh pertandingan di berbagai kota terutama untuk Liga Indonesia, Copa Indonesia, dan Tim Nasional Indonesia. Informasi yang dihadirkan tidak hanya dari pertandingan-pertandingan nasional, cerita di luar pertandingan pun menjadi perbincangan yang hangat mulai dari kisah para supporter bola, kisah sukses bintang sepakbola Indonesia, hingga gosip singkat seputar dunia sepakbola Indonesia, termasuk isu bursa transfer pemain dan pelatih atau pemecatan pemain atau pelatih. Di Galeri Sepakbola Indonesia, anda juga dapat melihat prediksi pertandingan yang akan dimainkan terutama dari kancah Liga Indonesia dan Copa Indonesia.
Twitter:
@GSI_trans7
Facebook:

http://www.facebook.com/pages/Galeri-Sepak-Bola-Indonesia/106014836095187

Website:

http://www.trans7.co.id/frontend/home/view/159

Alamat:
Menara Bank Mega lantai 20 | Jln. Kapten P Tendean Kav 12-14 A | Jakarta 12790
Pemilik:
PT. Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (TRANS7)
Staf Produksi:
Dinul Fitra @dino_sutan

4. 12paz

Profil:
Salah satu penyedia informasi resmi PT. Liga Indonesia.
Twitter:
@12paz
Website:

http://12paz.blogspot.com

5. Lensa Olahraga ANTV

Profil:
Program acara olahraga yang akan menyajikan informasi hangat, aktual, dan menarik dari dunia olahraga tanah air dan manca negara ini dikemas untuk memenuhi kebutuhan iformasi dunia olahraga Anda.
Twitter:
@LensaOlahraga
Facebook:

http://www.facebook.com/pages/Lensa-Olahraga-Pagi-ANTV/346355202061627

Website:
http://www.an.tv/olahraga
Pemilik:
PT. Cakrwala Andalas Televisi
Deputy Director Sports:
Reva Deddy Utama

6. Kampiun ANTV

Profil:
Kampiun adalah program acara ANTV yang menyajikan berbagai berita dari dunia sepak bola tanah air, cuplikan pertandingan, deretan gol gol indah, isu-isu hangat, lifestyle para insan sepakbola serta pernak-pernik seputar perkembangan sepak bola nasional, yang dikemas secara ringkas, padat dan aktual.
Twitter:
@KampiunANTV
Facebook:

http://www.facebook.com/pages/Kampiun-ANTV/454006784639234

Website:
http://www.an.tv/olahraga
Pemilik:
PT. Cakrwala Andalas Televisi
Deputy Director Sports:
Reva Deddy Utama

7. Harian GoSport

Profil:
Harian GOSport adalah penjelmaan baru dari Media Go (Tabloid GO). Meski muka baru, kualitas dan pelayanan GOSport kepada para pembaca setianya akan tetap sama, malah mungkin bertambah. Kami siap memberikan informasi terhangat dan ter-update untuk Anda.
Website:

http://gosport.co.id

Facebook:

http://www.facebook.com/pages/GO-SPORT/289256251089164

Email:
contact@mygosport.com
Alamat:
JL. Melawai Raya No.27 C-D Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160, Tlp. 021 724 4131, Fax. 021 724 4229.
Pemilik:
PT. Nusantara Duta Berita
Komisaris:
Nugraha Besoes
Pemred:
Rahmi Aries Nova

8. Harian Suara Karya (suarakarya-online.com)

Profil:
Edisi pertama Harian Umum Suara Karya terbit tanggal 11 Maret 1971. Selama 39 tahun lebih berkiprah sebagai media informasi, perkembangan Suara Karya mengalami pasang surut. Penyempurnaan isi, rubrik dan perubahan perwajahan halaman telah dilakukan beberapa kali. Namun, semua perubahan itu tetap mengacu pada visi untuk mencerdaskan dan memberi pencerahan kepada masyarakat. Gagasan penerbitan surat kabar ini berasal dari sekumpulan kader Golkar yang memiliki dorongan untuk membuat harian umum dengan misi demi menyukseskan pembangunan nasional. Mereka mengadakan pertemuan, bertukar pikiran, ngomong-ngomong soal iklan, fasilitas percetakan, langganan kantor berita, dan hal-hal lain yang terkait dengan persuratkabaran, sampai akhirnya menyepakati penerbitan sebuah harian bernama Suara Karya.
Facebook:

http://www.facebook.com/pages/Harian-Suara-Karya/115098161834357

Website:

http://suarakarya-online.com

Email:
redaksi@suarakarya-online.com
Alamat:
Jalan Bangka Raya No 2, Kebayoran Baru Jakarta 12720, Telp. 021-7191352 dan 021-7192656, Faks. 021-71790746.
Penasihat:
Aburizal Bakrie, M Jusuf Kalla, Akbar Tandjung
Pemimpin Umum:
Airlangga Hartarto
Wakil Pemimpin Umum:
Lalu Mara Satriawangsa
Pemimpin Redaksi:
Ricky Rachmadi
Redaktur Pelaksana:
Djunaedi Tjunti Agus
Redaktur Senior:
Bambang Soesatyo
Redaktur:
Lerman Sipayung, H Singgih Budi Setiawan, Sabpri Piliang, AAGDWA Ariwangsa, Ami Herman, B Pudja Rukmana, Andrian Novery, Dwi Putro Agus Asianto, Mohamad Guntur S, Kentos Reza Artoko, Yudiarma
Wakil Redaktur/ Desk Sport:
Syamsudin Walad

9. Sidominews

Profil:
Situs berita modern dengan lebih dari 5 juta pengunjung tiap bulan.
Twitter:
@SidomiNews
Facebook:

http://www.facebook.com/SidomiNews

Website:

http://sidomi.com

Email:
admin@sidomi.com
Alamat:
Grand Wijaya Center Blok A/8 Lantai 4 | Jl. Wijaya II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Pemilik:
Azwar & Denny
Editor:
Denny CH
Writer sepakbola:
Iswara N Raditya/ @iswara_nr

10. Sportiplus

Profil:
Portal olahraga yang berupaya menyajikan berita, teks, gambar maupun tampilan grafis dengan cermat dan akurat dengan trade mark judul provokatif.
Twitter:
@Sportipluscom
Facebook:

http://www.facebook.com/sportiplus

Website:

http://sportiplus.com

Alamat:
Kompleks Golden Plaza (Lotte Mart) Blok D-8 | Jl. RS Fatmawati Kav 15, Jakarta 12410, Tlp. 021-75915753, Fax. 021-75915752.
Pemilik:
PT Mulia Media
Pemimpin Redaksi:
N Bramono S
Redaktur Pelaksana:
Lili Permana
Koordinator Liputan:
Kukuh Setiawan Bramantoro
Redaksi:
Ahamd Fawwaz Usman, Martiana Sihombing, Wildan Heri Kusuma, Tipod (Bandung), Doddy (Padang), Endra Prayoga (Surabaya), Stevanus (Yogya-Solo-Semarang)
Uploader:
Sugeng Purwanto

11. Kabar Arena TVONE

Profil:
Kabar Arena menyajikan kumpulan berita olahraga dalam dan luar negeri teraktual dan terupdate, dikemas secara apik dan berbeda sehingga tidak akan membosankan bagi pemirsa. Dengan tampilan grafis dan set yang terbaru serta informasi dari presenter yang menarik sehingga menjadikan sajian berita olah raga Kabar Arena menjadi barometer informasi olah raga di Indonesia.
Twitter:
@KabarArena
Facebook:

http://www.lite.facebook.com/pages/Tvone-Kabar-Arena/119383361449537

Website:

http://news.viva.co.id/tentangkami/

Email:
info@tvone.co.id
Alamat:
Jl. Rawa Terate II No.2 Kawasan Industri Pulo Gadung – Jakarta Telp. 021-4613545. Fax. 021-30405668.
Pemilik:
PT. Viva Media Baru

12. Vivanews – Vivabola

Profil:
VIVAnews adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Kami berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam meliput peristiwa nasional dan internasional. Selain hadir di layar komputer pribadi anda, media ini bisa diakses melalui telepon seluler atau PDA.
Kami menjadikan VIVAnews bagian dari upaya mencerdaskan bangsa melalui jurnalisme cerdas, tajam, berimbang dan menghibur.
Twitter:
@vivabola
Facebook:

http://www.facebook.com/pages/VIVAbola/247667948626300

Website:

http://bola.viva.co.id

Email:
redaksi@vivanews.com
Alamat:
Menara Standard Chartered, Lt.31 | Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164 Casablanca, Jakarta 12930.
Pemilik:
PT. Viva Media Baru

Source: admin/ dari berbagai sumber

About these ads

4 responses to “Kenali Sumber Berita Sepakbola Nasional Terpercaya

  1. Pingback: Bagi Kami Alfred Riedl Harga Mati | tijitibeh·

  2. Parah… website website sekelas Vivanews, goal, program lensa olahraga dan program program olahraga Tvone dan antv di masukin sbagai sumber berita netral, ngarang banget ni yg bikin lg ngelindur ya! :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s