Pemanggilan Sia-sia Saat TRG Siap Hadapi Arema Pelita Bakrie

Jakarta – PSSI kembali memanggil pemain-pemain asal Indonesia Super League (ISL) untuk kembali bergabung ke tim nasional Merah Putih asuhan Nil Maizar, pelatih muda berusia 42 tahun, dalam pemusatan latihan tim nasional gelombang ketiga yang akan dimulai 4 Oktober 2012.

Mmereka yang dipanggil tersebut adalah pemain-pemain yang diketahui telah mangkir dari tim nasional Merah-Putih dan memilih untuk menyeberang dan mengikuti pemusatan latihan Tim The Real Garuda (TRG) di Batu, Malang, atas perintah Bapak La Nyalla Mattalitti, Ketua Umum PSSI KLB Ancol.

Dalam daftar pemain yang dirilis PSSI, kedelapan pemain ISL tersebut adalah: I Made Wirawan, Firman Utina (Persib Bandung), Ahmad Bustomi, Hamka Hamzah (Mitra Kukar), Bambang Pamungkas (Persija Jakarta), Greg Nwokolo, Victor Igbonefo (Pelita Jaya), dan Patrich Wanggai (Persidafon Dafonsoro).

Dari kedelapan pemain tersebut, hanya tiga pemain yang diketahui belum pernah menerima panggilan dari Nil Maizar, yakni Hamka Hamzah, Greg Nwokolo, dan Victor Igbonefo.

Sementara keempat pemain lainnya pernah dipanggil oleh pelatih berasal dari Ranah Minang tersebut. Bahkan keempatnya boleh dikatakan sebagai desertir karena pernah meninggalkan pemusatan latihan tim nasional Merah-Putih.

Hal tersebut menjadi aneh bin ajaib karena PSSI masih saja keras kepala memanggil pemain-pemain tersebut karena mereka, kecuali Bambang Pamungkas, saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan Tim TRG di bawah asuhan duet Alfred Riedl, pelatih berkebangsaan Austria berusia 65 tahun, dan Wolfgang Pikal.

Pemanggilan kedelapan pemain tersebut tampaknya akan sia-sia belaka. Hal ini menyusul isyarat beberapa klub pemilik pemain-pemain tersebut yang sejak jauh-jauh hari menolak pemanggilan pemain ke tim nasional yang dikelola oleh PSSI.

Bapak Lalu Mara Satriawangsa, yang mewakili manajemen Pelita Jaya jauh-jauh hari telah mengatakan akan melarang pemainnya mengikuti pemusatan latihan arahan PSSI.

“Kami tidak bisa begitu saja melepas pemain ke timnas. Di dalam surat itu dijelaskan bahwa yang memanggil pemain itu JC bukan pelatih bentukan PSSI,” terang Lalu di Jakarta, Selasa (25/9/2012).

Mengacu pada hal tersebut dapat dipastikan bahwa Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo tidak akan datang ke pemusatan latihan di Jakarta.

Hal serupa juga berlaku kepada Patrich Wanggai, Ahmad Bustomi, Hamka Hamzah, I Made Wirawan, dan Firman Utina. Rasanya sulit pemilik kelima pemain-pemain tersebut melepas mereka untuk membela panji-panji Merah-Putih.

Adapun Bambang Pamungkas diketahui sejak mangkir dari pemusatan latihan di Halim usai laga melawan Valencia menyurati PSSI untuk mengundurkan diri dari tim nasional.

Selain soal keharusan pemain bertindak profesional, dalam artian wajib tunduk pada klub sekalipun tugas negara memanggil, ketujuh pemain yang dipanggil untuk membela Merah-Putih, selain Bambang Pamungkas,  saat ini tengah serius mempersiapkan diri di Batu Malang untuk turun di ujicoba perdana Tim The Real Garuda menghadapi Arema Pelita Bakrie pada 5 Oktober 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s