Kurang Lebih 4 Minggu ke Depan PSSI KLB Ancol akan Gelar Kongres Tahunan

This slideshow requires JavaScript.

Jakarta – Untuk menyambut kembalinya Semen Padang dan Persijap Jepara ke Liga Super Indonesia (ISL), PSSI KLB Bapak La Nyalla Mattalitti akan menggelar kongres tahunan.

Tidak hanya itu, kongres tahunan juga digelar sebagai respon posisitif dari perintah AFC. Rencananya, agenda ini akan digelar PSSI di Jakarta pada 10 November 2012 mendatang .

Menurut Tigorshalom Boboy, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI KLB Bapak La Nyalla, Kongres Tahunan yang akan digelar kali ini mengagendakan soal format dan peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL), dan masalah-masalah penting terkait organisasi.

“Selain soal kewajiban, Kongres Tahunan PSSI itu akan membahas soal peserta ISL terkait kembalinya Semen Padang dan Persijap Jepara. Formatnya ikut dibahas. Tak kalah penting, tentu, membahas masalah organisasi saat ini,” ujar Tigor kepada wartawan, Jumat (5/10/2012).

Dalam Kongres Tahunan ini, Semen Padang dan Persijap, mulanya akan ikut sebagai peninjau karena sebelumnya mereka ikut berkompetisi di Liga Primer Indonesia (IPL). Hak mereka sebagai anggota ISL akan dipulihkan dalam kongres ini.

“Catatan untuk peserta ISL, dalam Kongres Tahunan PSSI itu masih berjumlah 18, yaitu kontestan ISL 2012/2013. Status SP dan Persijap dalam kongres itu masih sebatas peninjau,” tegas Tigor.

Sejak La Nyalla terpilih sebgai Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) 18 Maret 2012, PSSI belum menggelar Kongres Tahunan PSSI. Mereka sempat berencana gelar Kongres Tahunan pada Agustus 2012. Agenda itu batal menyusul hasil rapat I Joint Committee (JC) PSSI yang merencanakan gelar Kongres pada 24 September 2012. Akhirnya, ditetapkanlah jadwal baru, yakni 10 November 2012.

Tigor menegaskan Kongres Tahunan PSSI itu tidak ada hubungannya dengan Kongres PSSI yang tengah digodok JC PSSI sesuai hasil rapat II di Kuala Lumpur.

“Kongres nanti memang bakal berbeda. Kongres Tahunan PSSI pada 10 November 2012 itu memang agenda PSSI La Nyalla. Tidak ada hubungannya dengan JC PSSI. Sebab, ada program dan tugas yang jadi kewajiban kami. Salah satunya soal kompetisi,” tandas Tigor. Tigor mengaku sudah menyampaikan agenda itu kepada anggota PSSI.

“Sesuai aturan yang ada, setelah pemberitahuan, undangan resmi Kongres Tahunan PSSI itu akan kami kirim,” jelasnya.

Syarat-syarat Kongres Tahunan sesuai dengan Satuta PSSI adalah sebagai berikut:

Pasal 29 tentang Kongres Biasa

  1. Kongres Biasa harus digelar setiap tahun.
  2. Komite Eksekutif harus menetapkan tempat dan waktu, dan memberitahukannya kepada anggota secara tertulis selambat-lambatnya 8 minggu sebelum kongres digelar.
  3. Kepastian digelarya kongres secara resmi harus disampaikan secara tertulis paling kurang 4 minggu sebelum kongres digelar dengan menyertakan agenda kongres, laporan kegiatan ketua umum, laporan keuangan dan audit, serta laporan hal relevan lainnya.

Teks Asli

Article 29 Ordinary Congress

  1. The Ordinary Congress shall be held every year.
  2. The Executive Committee shall fix the place and date. The members shall be notified in writing at least eight (8) weeks advance.
  3. The formal convocation shall be made in writing at least four (4) weeks before the date of the Congress. This convocation shall contain the agenda, the president’s activity report, the financial statement and the auditors’ report and any other relevant documents.

Source: Statuta PSSI/berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s