LA NYALLA MATTALITTI

“Sekali layar terkembang, surut mundur ke belakang.”

This slideshow requires JavaScript.

La Nyalla Mahmud Mattalitti kini menjadi ketua umum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI), Minggu, 18 Maret 2012. Tokoh sepakbola asal Jawa Timur ini menang mutlak 79 suara dari 81 pemilih yang hadir di Hotel Mercure, Ancol.

Terpilihnya La Nyalla Mahmud Mattalitti sebenarnya sudah diprediksi sejak awal. Maklum, pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1959 itu kerap mengkritisi keputusan-keputusan PSSI era Djohar Arifin Husin, bahkan saat dirinya masih menjabat sebagai salah seorang anggota exco PSSI.

Pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Solo, Juli 2010, La Nyalla Mahmud Mattalitti terpilih sebagai anggota Exco PSSI mengantongi dukungan 57 suara.

Salah satu hal pokok yang dikritisi La Nyalla Mahmud Mattalitti dari kepengurusan PSSI Djohar Arifin Husin adalah keputusan PSSI yang menggelembungkan jumlah peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) menjadi 24 tim yang dianggap tidak sesuai dengan amanat Kongres Bali.

Bersama tiga anggota exco PSSI lainnya, Erwin Dwi Budiawan, Tonny Apriliani, dan Robertho Rouw, La Nyalla Mahmud Mattalitti terus bersuara lantang untuk menggagalkan keputusan tersebut.

Namun aksi itu justru membuatnya didepak dari jabatannya. PSSI melalui komite etik memutuskan memecat La Nyalla Mahmud Mattalitti dan ketiga rekannya.

Majelis Sidang Etika PSSI yang diketuai pengacara kondang Todung Mulya Lubis, dengan anggota sidang Pendeta Saut Sirait, Anis Baswedan, Yohanes Auri, dan Komarudin Hidayat, menilai keempatnya melakukan pelanggaran Statuta PSSI (Pasal 36 ayat 5; Pasal 42), juga prinsip fair play dan kode etik PSSI (Pasal 6, Pasal 9, Pasal 12, dan Pasal 18).

Sampai batas waktu yang diberikan oleh Majelis Sidang Etik, 2 X 24 jam sejak 19 Desember 2011, keempat anggota Exco tersebut tetap tidak mau melayangkan permintaan maaf tertulis. Karena itu lewat surat bernomor 002/pts/M-KE-PSSI/XII/2011 yang keluar pada 26 Desember 2011, PSSI akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan putusan sanksi pendepakan mereka dari Exco PSSI.

Keempat terlapor itu terjerat masalah tersebut setelah mengirimkan surat kepada FIFA yang menyatakan kepengurusan PSSI dibawah Djohar Arifin Husin tidak kredibel dan mengumpulkan anggota Pengurus Provinsi di Surabaya. Kedua tindakan itu dinilai Majelis Sidang Etika PSSI, dibawah Todung Mulya Lubis, telah melanggar etika seorang pengurus tinggi organisasi PSSI.

Setelah dipecat sebagai Exco PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti kemudian bergabung ke dalam Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) yang dibentuk anggota-anggota PSSI yang telah memberikan mosi tidak percaya kepada ketum PSSI, Djohar Arifin Husin.

Sebelum dipercaya menjadi Ketua Umum PSSI KLB Ancol, La Nyalla Mahmud Mattalitti juga tercatat kenyang pengalaman memimpin organisasi. Ia tercatat pernah merasakan jabatan Ketua DPW Partai Patriot Jawa Timur, Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa timur, Wakil Ketua KONI Jawa Timur, Ketua Pengprov PSSI Jawa Timur, hingga Exco PSSI.

La Nyalla Mahmud Mattalitti dikenal sebagai pribadi yang memeiliki keberanian. Sebelum pemungutan suara, La Nyalla Mahmud Mattalittibahkan dengan tegas menyatakan dirinya anti intervensi siapa pun, termasuk orang-orang yang dikenal memiliki pengaruh kuat di sepakbola nasional.

Motto yang selalu digaungkan oleh La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam menyelamatkan dan membangun sepakbola nasional adalah: “Sekali layar terkembang, surut mundur ke belakang.”

BIODATA

Nama     : La Nyalla Mahmud Mattalitti
TTL    : Jakarta, 10 Mei 1959

PENDIDIKAN

1971 : SD Bhinneka Bhakti, Surabaya
1974 : SMPN 1 Surabaya
1977 : SMAN 3 Surabaya
1984 : Fakultas Tehnik Sipil, Universitas Brawijaya

PENGALAMAN ORGANISASI

1993-Sekarang : Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur
1990-1994 : Bendahara GM KOSGORO Jawa Timur
1993-1996 : Bendahara DPD KNPI Jawa Timur
1995-1998 : Ketua HIPMI Jawa Timur
1995-1997 : Wakil Bendahara DPD Golkar Jawa Timur
2003-2008 : Ketua DPW Partai Patriot Pancasila Jawa Timur
2008-2013 : Ketua DPW Partai Patriot Jawa Timur
2005-Sekarang : Ketua DPW Asosiasi Konsultan Indonesia(ASKONI) Jawa Timur
2001-Sekarang : Ketua DPD Gabungan Pengusaha Kontruksi Nasional (GAPEKNAS)
2002-Sekarang : Ketua DPD Asosiasi Tenaga Ahli Kontruksi Indonesia (ATAKI)
2009-Sekarang : Ketua Umum Kadin Jawa Timur
2010-Sekarang : Wakil Ketua KONI Provinsi Jawa Timur
2011-Sekarang : Ketua Pengprov PSSI Jawa Timur
2011-Sekarang : Anggota Komite Ekskutif PSSI

RIWAYAT PEKERJAAN

1988-Sekarang : Direktur Utama PT.Airlanggatama Nusantara Sakti
2009-Sekarang : Komisaris Utama PT.Airlaggga Media Cakra Nusantara
2010-Sekarang : Komisaris Utama PT.Pelabuhan Jatim Satu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s